Rapat Koordinasi Bidang Pemasaran Parawisata Disporapar Jateng

20190103_104709

Semarang 3 Januari 2019 di Ruang Rapat Gedung Songo Disporapar Propinsi Jawa Tengah diselenggarakan Rapat Koordinasi Bidang Pemasaran Pariwisata. Acara ini diikuti oleh Kepala Dinas Pariwisata atau yang membidangi Pariwisata Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah.

Trenggono, S.IP., M.Par. Plt Kabid Pemasaran Pariwisata Disporapar Propinsi Jawa Tengah mengatakan bahwa  Rapat Koordinasi Bidang Pemasaran Pariwisata  adalah untuk  mendongkrak pariwisata saat kunjungan wisata sepi di awal tahun/low season antara bulan Januari hingga Maret. Pemprov Jateng mencanangkan Program  Jateng Wow, yang sudah memasuki tahun kedua. Program “Jateng Wow” bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke jawa tengah baik wisatawan nusantara maupun mancanegara di periode low season. Jateng wow merupakan sarana memperkenalkan obyek-obyek wisata di Jawa Tengah lainnya selain Candi Borobudur seperti Karimun Jawa, Dieng Plateu, Sangiran, Semarang City Tour, dll.

Jateng Wow adalah promosi event pariwisata di Jawa Tengah dengan menggunakan website dan  media sosial. Jateng Wow mempublikasikan  semua wisata di kabupaten/kota di jawa tengah agar semua orang tahu sehingga terpikat untuk datang ke Jateng . Setiap publikasi event wisata, meliputi acara wisata tentang apa, lokasinya dimana, diskonnya berapa, dll.

Tahun 2019 Jateng Wow  diikuti 175 peserta, mengalami kenaikan dari tahun lalu sebanyak 148 peserta, 107 Hotel dan Homestay, 31 Daya Tarik Wisata, 24 Biro Perjalanan Wisata, 12 Rumah Makan. Peserta Jateng Wow memberikan kemudahan-kemudahan dengan paket yang kompetitif, nilainya sama dengan kualitas yang lebih bagus kepada penggiat wisata dan wisatawan.

Tahun 2019 Jawa Tengah mempunyai Event Pariwisata prioritas, yaitu: konsep “Festival Pusaka Jawa Tengah”; event dibagi dalam 17-8-45;17 festival atau upacara yang menampilkan simbol, situs sosial yang meneguhkan karakter budaya identitas local;8 festival atau upacara sosial yang berhubungan dengan situs peralihan;45 festival yang mewakili keragaman budaya Jawa Tengah.

Event Pariwista Jawa Tengah yang masuk dalam 100 Event Nasional: Borobudur Marathon (masuk dalam 10 event nasional);Festival Payung;Solo International Performing Arts;Festival Cheng Ho;Dieng Culture Festival;Solo Batik Carnival.