Dispora Sragen Beri Pelatihan Guide Tubbing

on

WhatsApp Image 2019-05-06 at 1.43.10 PM

Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sragen menyelenggarakan Pelatihan Guide Tubing  di Desa Sukorejo Kecamatan Sambirejo Selasa 30/4 2019 sampai Kamis 2/5 2019. Acara dihadiri perwakilan dari DISPORAPAR Provinsi Jawa Tengah, pengelola homestay se Sragen dan tamu undangan,  serta menghadirkan narasumber:  Pimpinan Bank Jateng Cabang Sragen; Alif Fauzi (praktisi homestay);  Pimpinan LSU Sertifindo Wisata Utama; Pimpinan CV Dipo Creatifindo.

Dalam Sambutannya Sekdin Dispora Sragen Sri Wahyuni, S.H.,M.M., mengatakan bahwa sektor pariwisata merupakan penyumbang devisa terbesar kedua setelah devisa hasil ekspor produk dalam negeri, pariwisata merupakan komoditas berkelanjutan serta menyentuh masyarakat ke level  yang paling bawah. Maka dilaksanakanlah kegiatan pembinaan usaha akomodasi homestay  dan pelatihan guide tubing untuk menarik wisatawan domestik dan mancanegara. Pelatihan guide tubing dilakukan di Sungai Sawur Desa Sukorejo Kecamatan Sambirejo Sragen.

Wahana wisata tubing di Sungai Sawur  ini sudah dibuka sejak tahun 2017. Sungai Sawur cukup aman untuk arena tubing, asalkan  setiap peserta mengenakan peralatan standar seperti helm, deker di siku tangan dan kaki dan pelampung.  Arus air Sungai Sawur mengalir di antara bebatuan di dasar sungai, berhulu di Umbul Sares di Desa Wonosari, yang berada di lereng Gunung Lawu.

Sungai Sawur letaknya yang berada di daerah pedalaman yang berjarak sekitar 20 km dari Kota Sragen membuatnya aman dari limbah pabrik atau rumah tangga. Air dari Sungai Sawur mengalir hingga Sungai Bengawan Solo di Mantingan. Wisata permainan  tubing  bisa dilakukan  jika ada pendaftar minimal 15 orang dewasa atau 30 anak-anak. (Dispora)