Kolam Renang Kartika Dikembangkan Berstandar Olimpiade

kolam1

Sragen 13 Mei 2019, Pemkab Sragen merencanakan pengembangan kolam renang Kartika menjadi kolam renang standar olimpiade agar bisa menggelar event tingkat nasional.

Setelah disurvei, luasan tanah masih memungkinkan untuk dikembangkan. Saat ini kolam renang Kartika memiliki ukuran 12,5 x 25 meter dan luas lahan 5.780 meter persegi. Kolam renang bakal dibangun dengan ukuran 50 meter dan lebar 20 meter dengan delapan lintasan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispora) Tugiyono mengatakan, sesuai arahan Bupati Sragen pihaknya telah menyiapkan konsep pengembangan kolam  renang Kartika. Kolam renang Kartika bakal dibangun dengan ukuran 50 meter dan lebar 20 meter dengan delapan lintasan. Sehingga bisa menggelar pertandingan atau kejuaraan renang dan aquatic hingga tingkat nasional.

Kolam renang Kartika salah satu aset milik Pemkab Sragen, namun sudah lama kondisinya tidak banyak mengalami perubahan. ‘’Rencana pembangunan kolam renang Kartika berstandar olimpiade merupakan bagian dari pengembangan optimalisasi aset milik Pemkab Sragen,’’ jelas Tugiyono.

Saat ini di Sragen, hanya ada satu kolam renang yang panjangnya memenuhi kriteria tersebut, yakni di Kedung Cuo yang milik swasta. ‘’Dengan kondisi seperti sekarang ini, kolam renang Kartika belum maksimal dan masih sangat memungkinkan untuk dibangun dan dikembangkan,’’ pungkasnya. Pengembangan itu juga meliputi tempat duduk yang representatif untuk penonton. Saat ini pihaknya tengah mematangkan konsep pengembangan kolam renang Kartika yang bersebelahan dengan Stadion Taruna Sragen.

‘’Bahkan kalau memungkinkan, namanya akan dibuat lebih menarik, kesan birokrasinya juga tidak ada sehingga bisa lebih menjual,’’ katanya. (Sumber suara merdeka)