Pembukaan Pemilihan Duta Wisata Sukowati 2019

20190711_093448

Sragen- Pemilihan Duta Wisata Sukowati 2019 telah dimulai dari tanggal 11 Juli sampai 25 Juli 2019. Kepala Dinas Dispora Drs I Yusef Wahyudi, M.Si berkesempatan membuka acara ini, Kamis 11/07/2019 di Pendopo Gedung Dispora Sragen.

Dalam sambutannya Bp. Yusef mengatakan bahwa Dispora memiliki beberapa bidang, Bidang  Promosi  yang tugasnya berkaitan dengan mengawal penyelenggaraan pemilihan Duta Wisata Sukowati 2019, Bidang Pemuda Olahraga mengurusi olahraga, Bidang Destinasi berkaitan tetang obyek wisata,dan  Sekretariat Dispora. Tahun 2019, Kabupaten Sragen  menuju era kebangkitan pariwisata, diharapkan sinergi yang kuat antara pemda dengan masyarakat, swasta, perguruan tinggi, akademisi, tokoh masyarakat dan pemuda untuk mengembangkan pariwisata di Sragen.

Berkaitannya dengan obyek wisata di Kabupaten Sragen, adalah Museum Sangiran yang sudah mencapai tingkat wisata dunia, Pemkab Sragen bekerjasama dengan perintah pusat bahkan dunia internasional bersama-sama mengembangkannya. Kerajian Batik berada di Kecamatan Masaran dan Plupuh, produksi Padi Organik di Kecamatan Sambirejo dan terdapat  objek Air Panas Bayanan, dimana kondisinya kurang bagus. Untuk kedepannya  dirancang bagaimana obyek wisata  bisa  lebih bagus, lebih bersih, image dimasyarakat menjadi lebih bagus sehingga akan  lebih banyak menarik wisatawan yang datang.  Waduk Kedung Ombo  dimiliki tiga kabupaten yaitu:  Sragen, Boyolali dan Grobogan,serta  obyek Gunung Kemukus yang selama ini  memiliki image agak negatif dan  sangat kontroversi, ini disebabkan karena disana banyak hal yang mendukung ke arah kontroversi, antara lain keberadaan warung yang keadaanya kurang bersih dan adanya  mitos jika ingin sukses harus melakukan ritual yang menyimpang dari norma adat dan agama. Disisi  lain ada orang-orang  yang punya keinginan negatif tersebut memanfaatkan situasi dengan menyediakan diri (orang-orang dari luar Sragen) masuk kesana. Untuk mengubah image tersebut dilaksanakan secara bertahap, terangnya.

Pemda akan mengembangkan setiap potensi wisata  untukme jadi destinasi wisata, baik destinasi lama atau baru,dan  menggandeng  semua komuniatas, vloger, pembuat film pendek, komunitas fotografi. dikedung banten gondang, banak rumah tua peninggalan beanda bisa jadi destinasi yang baru. Tahun 2019 adalah era baru di bidang pariwisata, maka  mainset  juga harus baru, jika dahulu komunitas wisata tidak kuat, maka sekarang komunitas-komunitas akan dikasih tempat, baik tempat  berkumpul untuk berekspresi.