Sakral dan Meriah Larab Slambu Makam Pangeran Samudra

20190901_100452

Sragen – Dispora Sragen dan pengurus Makan Pangeran Samudra melaksanakan Prosesi Larab Slambu Makam Pangeran Samudra di Gunung Kemukus Kec. Sumberlawang  Sragen, Sabtu 1 September 2019 atau 1 Suro dalam penanggalan Jawa bertepatahn dengan tahun baru Islam 1441H. Acara dihadiri Kepala Dispora Sragen Drs I Yusep Wahyudi, MSi. ,Pejabat Disdikbud Jateng dan  warga masyarkat desa Pendem kec. Sumberlawang  Sragen.

Dalam Sambutan Bp. Yusep mengatakan bahwa posesi larab slambu telah berjalan dengan baik, yang meliputi  larab slabu, pencucian slambu dan perebutan air. Pelaksanaan suran tahun 2019 ada beberapa hal yang berbeda yang akan menjadi kebiasaan /budaya disini: 1. memberikan tanda kepada siapapun yang berkunjung ke makam pangeran Samudra untuk dikasih tanda berupa selendang atau kain; 2. untuk pelaksanaan kirab slambu akan diikuti denganacara tumpengan, kirab slambu sebagai acara inti mengandung filosofi berupa pencucian diri, mencuci hati kita masing-masing, mencuci usaha kita masing-masing, kita memohon kehadirat Allah SWT sehingga kedepannya bersih barokah bagi kehidupan kita semua.

Rangkaian prosesi larab slambu tahun 2019 diawali dengan tahlilan di makam pangeran Samudra pada tanggal 31 Agustus  2019 (malam hari), tanggal 1 September 2019 dilaksakan prosesi larab slambu, pencucian slambu, perebutan air dan uluk layangan di waduk,  diakhiri dengan pagelaran hiburan rakyat (Tayub) pada malam harinya.