Ribuan Warga Sragen Ikuti Kirab Gong Kyai Bayan

20191018_135445

Sragen – Ribuan warga Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Sragen mengikuti kirab Gong Kyai Bayan, Jumat (18/10/2019).

Kirab gong dalam rangkaian acara Merti Umbul Tirta Nirmala Bayanan itu dimulai dari ujung desa hingga berakhir di umbul obyek wisata Bayanan. Tak hanya kirab, Merti Umbul Tirta Nirmala Bayanan yang bakal berlangsung selama tiga hari sejak Kamis hingga Sabtu (17-19/10/2019), menampilkan beragam acara mulai dari reresik umbul, nyadranan petilasan Eyang Anom, kirab, sarasehan budaya, pentas seni, lomba mewarnai, pentas seni, hingga mancing gratis.

Merti Umbul Tirta Nirmala Bayanan merupakan rekonstruksi sejarah asal usul wisata Bayanan.Sejarah mengenai Bayanan sudah tercatat sejak akhir abad 19, setiap tahun tepatnya pada Kamis Legi bulan Suro banyak masyarakat dari Ponorogo, Ngawi, dan sekitarnya datang ke Bayanan.Selain untuk nguri-uri budaya kirab juga bertjuan untuk merawat obyek wisata Bayanan.

Dalam sambutannya Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat membuka kirab Gong Kyai Bayan berjanji akan membenahi obyek wisata Bayanan, “Tahun depan, Bayanan bakal dapat kucuran dana tidak sedikit untuk membenahi fasilitas yang rusak. Setelah fasilitas lengkap mudah-mudahan tambah ramai wisatawan yang berkunjung,” ungkapnya. (dari tribunjateng)