Ubah Image Wisata Bayanan, Fasilitas Dipercantik

20191018_130131

Sragen- Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Wakil Bupati Dedy Endriyatno mengunjungi objek wisata Pemandian Air Panas Bayanan di Dukuh Bayanan, Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Jumat 18/10/2019. Kebetulan sedang digelar Merti Umbul Tirta Nirmala Bayanan. Kegiatan itu untuk mengenalkan objek wisata Bayanan ke masyarakat luas.

Mbak Yuni menyempatkan diri menyapa para seniman, budayawan, dan masyarakat setempat. Meski di saat yang bersamaan juga ada agenda yang cukup penting. Yakni menerima tamu asing di Sangiran Kecamatan Kalijambe.

Dalam kesempatan itu Mbak Yuni menyapa dan menyalami satu persatu warga yang dia temui. Termasuk sejumlah pedagang di lokasi pemandian air panas Bayanan. Warga pun sangat senang dan antusias ketika bercengkrama dengan bupati. Bupati juga membeli beberapa dagangan. Dan juga mengicipi jajanan seperti pecel, nasi tiwul yang disajikan dengan botok dan sebagainya.

Memasuki arena pertunjukan, Mbak Yuni disambut dengan beragam kesenian tradisional. Di antaranya seperti musik lesung, angklung SLB Bagaskara, perkusi Haktivah Percussion yang dimainkan anak-anak Papua. Serta reog Ponorogo yang dimainkan anak anak berkebutuhan khusus.

”Ternyata potensi budaya di Bayanan ini luar biasa. Semoga yang berkunjung ke Bayanan semakin ramai,” terang Mbak Yuni bangga.

Pihaknya menyampaikan wisata pemandian air panas Bayanan menjadi salah satu unggulan di Sragen. Dalam rancangan tata ruang wilayah, Kecamatan Sambirejo juga punya potensi Wisata Betisrejo yang sayang jika tidak dimaksimalkan. Untuk itu pihaknya mengusulkan anggaran perbaikan dan renovasi Bayanan pada 2020 mendatang.

”Tahun depan ada anggaran buat renovasi. Kita perbaiki dan kita buat lebih baik lagi,” tuturnya.

Tak hanya itu pihaknya juga berupaya keras agar citra dan image negatif kawasan Bayanan dapat terkikis. ”Yang negatif di Bayanan mari dirubah. Kalau digunakan untuk hal positif, pasti perlahan jadi hal positif,” ujar Bupati.

Seniman Sragen Ari Ndayak mengapresiasi langkah yang dilakukan untuk menggelar festival budaya di objek wisata air panas Bayanan. Sebelumnya kawasan ini akrab dengan image negatif. Namun dengan digelar ini akan digali lagi tradisi dan sejarah bayanan yang kaya. (dikutip dari radarsolo)