Wayang Kulit Memperingati Hari Jadi ke 276 Kabupaten Sragen Digelar di PAP Bayanan

IMG_7064b

Pertunjukkan wayang kulit untuk peringatan Hari Jadi ke-276 Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, digelar di kawasan terbuka Aula Pertunjukkan Objek Wisata Pemandian Air Panas Bayanan, Sambirejo, Jumat (27/5/2022) malam. Pertunjukkan wayang dengan lakon “Semar Mbangun Kayangan Klampis Ireng” oleh dalang Ki Purbo Asmoro dan dimeriahkan oleh Cak Kirun serta Gareng Semarang.

Dalam sambutannya Bupati Sragen, Ibu Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyampaikan bahwa pertunjukan wayang kulit adalah rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi ke-276 Kabupaten Sragen. Pertunjukan seni dan budaya tersebut sesuai janjinya, yakni saat meresmikan revitalisasi Objek Wisata Bayanan, (12/1/2022) lalu.

“Alhamdulillah janji sudah terpenuhi, Dan semoga momen seperti ini bisa rutin ya. Secara continue di Bayanan ini, dalam rangka nguri-nguru kebudayaan. Selain menepati janji menggelar wayangan juga akses jalan menuju Bayanan sudah diperbaiki,” ungkap Ibu Bupati.

Pada kesempatan ini Ibu Bupati menyerahkan tokoh wayang semar kepada Dalang Ki Purbo Asmoro sebagai tanda dimulainya pagelaran wayang kulit.

Semar Mbangun Kahyangan secara singkat sebagai bentuk pertanggung jawaban. Semar mengambil tanggung jawab dan kepedulian agar negeri Amarta selamat dari penyimpanan. Bagaimana seorang rakyat kecil seperti Semar, berani membuktikan kebenarannya.

Ibu Bupati berharap budaya tersebut dapat terus dinikmati oleh generasi muda di Kabupaten Sragen karena banyak nilai hikmah kehidupan yang dapat diambil sebagai pelajaran. Menurutnya Pagelaran wayang juga bisa menghibur melalui media kepariwisataan, pariwisata tidak hanya menyenangkan yang bersifat lahir saja.