Serunya SangiRUN Night Trail 2022

IMG_8249b

SRAGEN – Ratusan pelari mengikuti lomba lari SangiRUN Night Trail 2022 di kawasan Situs Sangiran Kabupaten Sragen, Sabtu (17/9) malam. Sebanyak 120 pelari profesional dan sekitar 200 pelari lokal mengikuti lomba lari berjarak 4 kilometer dan 25 kilometer ini.  Para pelari datang dari berbagai daerah di Pulau Jawa, juga diikuti Bupati Sragen Ibu Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Wakil Bupati Sragen Bp. Suroto.

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Bp. Restu Gunawan mengatakan bahwa diselenggarakannya SangiRUN Night Trail 2022 merupakan  upaya pemerintah untuk mengenalkan warisan budaya, salah satunya adalah Sangiran.

“Para pelari diharapkan akan menyuarakan agen-agen kebudayaan kita tentang Situs Sangiran agar masyarakat semakin peduli dan akhirnya mau belajar tentang situs ini, yang sangat penting bagi peradaban manusia,” katanya.

SangiRUN Night Trail 2022 merebutkan hadiah total Rp66 juta, dimana Juara pertama mendapatkan hadiah Rp10 juta, kedua Rp7 juta, dan ketiga Rp5 juta. SangiRUN Night Trail  sudah digelar dua kali, peserta lomba lari tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, yang diikuti 100 pelari.

Rute SangiRUN Night Trail 2022 berada dalam Situs Sangiran yang luasnya 59,21 kilometer persegi, baik di Kabupaten Sragen maupun Karanganyar. Rute lomba lari 25 km menelusuri semua daerah situs (11 desa).