PAGELARAN KARYA CIPTA TARI IKON DAERAH, EKSOTIKA KEMUKUS

d1 (1)

Sragen – Karya Cipta Tari Ikon Daerah dilaksanaan Jumat 7 Oktober 2022 di PUI (Pusat Unggulan Iptek) Javanologi UNS. Kegiatan ini merupakan kerjasama PUI Javanologi dan PLN PEDULI, serta beberapa Kab/kota yaitu : Pemkot Solo, Kabupaten Sragen, Magetan, dan Kab. Grobogan, dalam menciptakan tari yang menjadi ikon dari masing-masing daerah.

Kabupaten Sragen mengusung tarian ” Eksotika Kemukus ” yang merupakan garapan apik dari seniman tari di bawah binaan Disdikbud Kabupaten Sragen. Hadir dalam Pagelaran tari tersebut, Kepala Disdibud Sragen Drs. Suwardi, MM., dan Kepala Dispora Sragen Dra. Yuniarti, MH.

Kadin Dispora Ibu Yuniarti menyambut baik dengan diusungnya Gunung kemukus dalam tarian tersebut, dimana dalam sinopsisnya menggambarkan perjalanan Pangeran Samudro dalam melaksanakan syiar Agamanya sampai wafat dan dimakamkan di Gunung Kemukus.

 

Dengan tarian Eksotisme Kemukus ini diharapkan menjadi salah satu upaya branding Gunung Kemukus menjadi Obyek wisata Religi dan Keluarga, kata Bu Yuniarti.