KUATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA, SMAN 1 PLUPUH GELAR PAGELARAN KOLOSAL TARI SOBRAK

P1 (1)

Sragen – SMAN 1 Plupuh, Sragen menggelar Pagelaran Kolosal Tari Sobrak di area Car Free Day ( CFD) Sragen, tepatnya di depan alun-alun Sasono Langen Putra, Sragen, Minggu (9/10) pagi. Kegiatan ini digelar dalam rangkaian Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Ketua Komite P5 SMAN 1 Plupuh, Lia Cahyaningrum, mengungkapkan pagelaran diikuti sekitar 250 siswa kelas X SMAN 1 Plupuh. Tema yang diambil adalah Kearifan Budaya Lokal.

“Melalui pagelaran ini, siswa diharapkan mampu mengaplikasikan nilai-nilai profil pelajar Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Tari Sobrak merupakan tari kreasi yang diciptakan oleh seniman seniwati dari Sanggar Tari Soerya Soemirat memiliki keindahan gerak yang mengambil dari kombinasi suatu tarian rakyat dan menggunakan gerak tari tradisional yang dibentuk melalui sebuah proses penciptaan hingga menjadi sebuah koreografi tari.

Selain menampilkan pagelaran Tari Sobrak, lima siswa juga menampilkan tarian Sunda, yaitu Tari Bajidor Kahot.Pagelaran tari itu pun mendapatkan sambutan meriah dari masyarakat yang ada di area CFD.