Wisata Religi

Makam Bupati Sragen I

Makam Bupati I (6)

Makam Cucu Prabu Brawijaya yang bernama K.R.T Karto Wiryo menurunkan  tokoh-tokoh besar, termasuk Bupati Pertama Sragen R.T Wirjodiprodjo.

Makam ini juga terkenal dengan sebutan Makam Pilang Payungmerupakan makam para bupati pendahulu yang meng-awali berdirinya pemerintahan Kabupaten Sragen. Makam ini merupakan makam terpenting yang berada di kabupaten Sragen, dan menjadi tujuan utama dalam prosesi ziarah makam leluhur setiap memperingati Hari jadi Kabupaten Sragen.

Daya Tarik : Makam-makam keturunan R.T Wirjodiprodjo.

Lokasi : terletak di DusunPrampalan, Desa Krikilan, Kec. Masaran.

makam bupati I
QR CODE Location

—————————————————————————————————————————————-

Makam Sukowati

 

 

Makam R. Bagus Jambu atau Pangeran Adipati Mangkubumi Sukowati. Beliau adalah putera ke-9 dari Ki Ageng Pemanahan dan menantu dari Panembahan Ronggo Sukowati (Raja Islam Pertama di Pulau Madura sekarang Pamekasan)

Daya Tarik : Di dalam kompleks makam ini terdapat Yoni yang terbuat dari batu andesit, ada kepercayaan dari masyarakat yang memohon kesembuhan dari suatu penyakit dengan mengambil air yang ada ditengah Yoni sebagai obatnya.

Lokasi : Makam ini terletak di dusun Pengkol, Desa Kecik, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen ± 20 km dari Kota Sragen.

makam p sukowati
QR CODE Location

—————————————————————————————————————————————-

Makam Kyai Srenggi

Makam Tumenggung Alap-alap, Penglima Perang Sunan Amangkurat dari Kraton Kartasura yang meninggalkan jabatannya untuk mengabdi menjadi penyebar Ajaran Agama Islam di Wilayah Sragen Utara

Lokasi : terletak di Sragen Lor tepatnya di sebelah barat Kantor Dinas Perikanan kabupaten Sragen.

m kyai srenggi
QR CODE Location

—————————————————————————————————————————————-

Makam Pageran Samudra di Gunung Kemukus

makam p samudra (1) makam p samudra (2) makam p samudra (3)

 

Pangeran Samudro adalah Putra Majapahit terakhir dari ibu selir, yang mendalami Ilmu Agama di Demak Bintoro dibawah bimbingan Sunan Kalijaga. Kemudian setelah dirasa cukup ilmunya beliau melanjutkan berguru pada Kyai Ageng Gugur tentang ajaran Agama Islam di Desa Pandan di lereng Gunung Lawu.

Sesuai dengan amanat dari Sultan Demak Jasad P. Samudro dimakamkan diperbukitan yang menghadap ke arah barat daya dan diharapkan kelak lokasi tersebut akan menjadi ramai dan dijadikan tauladan bagi orang-orang disekitarnya. Makam ini hingga kini masih dianggap keramat dan masih banyak  masyarakat yang datang untuk berziarah karena dianggap memiliki daya magis yang kuat, barang siapa yang mempunyai keinginan yang kuat dan melakukan ziarah ke makam-makam leluhur  dengan “lelaku dan prihatin” yang kuat dan memohon pada yang Maha Kuasa maka keinginan tersebut
akan tercapai.  Seperti nasehat beliau “Sing Sopo duwe panjongko marang samubarang kang dikarebke bisane kelakon iku kudu sarono pawitan temen, mantep, ati kang suci, ojo slewang-sleweng, kudu mindeng marang kang katuju.” (Kadjawen, Yogyakarta: Oktober 1934).

Lokasi : terletak di Desa Pendem, Kec. Sumberlawang ± 29 km arah utara dari kota Solo dan ± 34 km arah utara kota Sragen.

makam p samudra
QR CODE Location

—————————————————————————————————————————————-

Kompleks Masjid dan Makam /Petilasan Joko Tingkir dan Ki Kebo Kenongo

Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Kabupaten Sragen, yang berdiri diatas lahanmilik Keraton Surakarta. Masjid ini pertama kali digunakan pada sholat Jumat Legitanggal 10 Mei 1500 M dan Ki Kebo Kenongo (Kyai Ageng Butuh) selaku khotibnya. Arsitektur masjid sangat miripd engan masjid Demak, Masjid Agung Surakarta dan Masjid Agung Yogyakarta dengan ciri khas kayu penyangga yang besar-besar. Ki Kebo Kenongo (KyaiAgengButuh) adalah Adipati Pengging yang membesarkan Joko Tingkir setelah ditinggal wafat oleh ayahnya (Ki Ageng Pengging).

Sragen Walker

Daya Tarik :

  • Makam utama Pasarean Kyai Ageng Butuh/Ki Kebo Kenongo/Kyai Ageng Handayaningrat beserta istri
  • Makam Joko Tingkir/Mas Karebet/Sultan Hadiwijoyo
  • Makam P. Tejowulan (adik Joko Tingkir), Makam Ki Patih Monconegoro
  • Ki Tumenggung Wurai dan Ki Tumenggung Wilomarto beserta pengikutnya
  • sisa pecahan gethek (Kyai Gethek Tambak Boro) yang pernah dinaiki Joko Tingkir bersama Ki Ageng Biru dan ki Ageng Majasta menyusuri Bengawan Solo sebelum sampai di Butuh

Lokasi   : Kompleks Masjid dan Makam Ki Kebo Kenongo (Kyai Ageng Butuh) terletak d
i DukuhButuh, Desa Gedongan, Kec. Plupuh, Kab. Sragensekitar± 25 km sebelah barat daya dari pusat pemerintahan Kabupaten Sragen.

Makam Joko Tingkir

QR CODE Location

—————————————————————————————————————————————-

Petilasan Ki Joko Budug/Raden Haryo Bangsal

Daya Tarik :

  • Petilasan ini tergolong unik mempunyai ciri khas tersendiri, berupa papan kayu jati berjumlah 4 buah yang ditata membentuk seperti makam dengan panjang: 6,88 m dan Lebar: 1,27 m dengan ketebalan kayu jati 13 cm dengan kondisi yang mulai rapuh.
  • Petilasan ini beratapkan jerami yang khusus ditanam dilahan sebelah selatan, konon berdasarkan informasi masyarakat Beliau tidak menghendaki bila atap tersebut diganti dengan genteng.
  • Petilasan ini masih dianggap wingit oleh masyarakat, tidak ada seorangpun berani merubah ataupun mengambil sesuatu dari sekitar petilasan ini tanpa seijin dari Raden Haryo Bangsal.

Lokasi : Petilasan Ki Joko Budug yang mempunyai nama asli Raden Haryo Bangsal  ini terletak di Desa Gampingan, Kec. Sambirejo

—————————————————————————————————————————————-

Makam Syekh Zakariya

makam syekh x (1) makam syekh x (4)

Syekh Zakaria merupakan seorang penyebar Agama Islam di Dusun Kauman yang mengabdikan diri untuk mengajarkan agama islam pada masyarakat luas, beliau rela membujang untuk tujuan tersebut.

Daya tarik :

  • Di dalam kompleks makam ini terdapat struktur yang diduga bekas bangunan masjid dengan menggunakan tumpukan batu bata dengan ukuran besar.
  • Di depan struktur terdapat yoni yang terbuat dari batu andesit dengan posisi tengkurap
  • makam masih memegang konsep punden berundak dan terbuat dari bahan batu bata yang mempunyai ketebalan dan ukuran lebih besar dari batu bata sekarang

Lokasi : Makam ini terletak di Dusun Kauman, Desa Masaran, Kecamatan Masaran.

m syekh Zakaria
QR CODE Location